Sabtu, 01 Oktober 2011

Belitung's Destinations


Di bawah ini adalah catatan awal tentang Tempat Wisata Belitung. Pulau Belitung masuk dalam wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan pulau utama Pulau Bangka dan Pulau Belitung, serta pulau-pulau kecil seperti P.Lepar, P. Pongok, P. Mendanau dan P. Selat Nasik. Jumlah pulau yang telah bernama ada 470 buah, dengan 50 diantaranya yang berpenghuni.
Danau Kaolin, Belitung
Wisata BelitungTempat Wisata Belitung yang kabarnya disukai untuk hunting foto saat fajar, karena bentuk kubangan bekas tambang yang berwarna putih dan air danau yang berwarna biru memberikan nuansa yang unik.
Gunung Tajam, Wisata Belitung
Tempat Wisata BelitungTempat wisata Belitung di Dusun Air Pegantungan, Desa Kacang Botor, Kec Badau, 32 km dari Tanjung Pandan, dengan hutan lindung seluas 30 ha, makam Syech Abdullah Abu Bakar, dan Air Terjun Gurok Beraye.
Museum Badau, Wisata Belitung
Tempat Wisata BelitungTempat wisata Belitung ini berada 20 km dari kota Tanjung Pandan, di simpang empat kota Kec Badau, menyimpan benda-benda bersejarah peninggalan Kerajaan Badau.
Museum Pemda, Wisata Belitung
Tempat Wisata BelitungTempat wisata Belitung di dalam Kota Tanjung Pandan, dibangun 1963 atas prakarsa DR. Osberger, ahli Geologi berkebangsaan Belgia, dengan dokumentasi sejarah penambangan timah di Pulau Belitung, replika tambang dan peralatannya, dll.
Pantai Bukit Berahu, Wisata Belitung
Tempat Wisata BelitungTempat wisata Belitung yang berjarak 18 Km dari Kota Tanjung Pandan, di atas bukit dengan akses jalan aspal, dan pemandangan perahu-perahu nelayan yang ditambatkan di tepi pantai.
Pantai Mabai, Wisata Belitung
Tempat Wisata BelitungTempat wisata Belitung di Desa Tanjung Tinggi, Kec Tanjung Pendam, dengan pantai landai, dan restoran seafood.
Pantai Tanjung Binga, Belitung
Tempat Wisata BelitungTempat wisata Belitung di Desa Keciput, 18 km dari Kota Tanjung Pandan; ada dua dermaga kayu sepanjang 100 m, dan tempat pendaratan ikan. Dermaga di sebelah barat kabarnya biasa digunakan untuk pemotretansunrise dan sunset.
Pantai Tanjung Kelayang, Belitung 
Tempat Wisata BelitungTempat wisata Belitung yang berada 27 Km dari Tanjung Pandan, dengan pasir putih, serakan batu granit, ada batu granit besar berbentuk seperti Burung Kelayang, dan pemandangan perahu nelayan.
Pantai Tanjung Kiras, Wisata Belitung
Tempat Wisata BelitungTempat wisata Belitung di desa Padang Kandis, Kecamatan Membalong, sekitar 70 km dari kota Tanjung Pandan, dengan panorama bukit, pantai berbatu dan pulau-pulau kecil yang terlihat jelas dari tepi pantai.
Pantai Tanjung Pendam, Belitung
Tempat Wisata BelitungTempat Wisata Belitung di pusat Kota Tanjung Pandan, dengan pemandangan matahari tenggelam berlatar depan bangkai perahu dan pepohonan cemara; ada Pulau Kalamoa di depan pantai.
Pantai Tanjung Tinggi, Belitung 
Tempat Wisata BelitungTempat Wisata Belitung berbentuk teluk kecil sepanjang 100 m, 2 Km dari Pantai Tanjung Kelayang, berpasir putih dengan serakan batu granit, dan di ujung timur terdapat tumpukan batu yang membentuk lorong berhawa sangat sejuk.
Tempat memotret yang baik bisa dengan naik ke puncak batu di semenanjung sisi barat dengan pemandangan bebas ke sudut-sudut pantai, serta di sisi timur di dekat muara sungai saat air laut tengah surut. Di sore hari, Tanjung Tinggi juga merupakan lokasi pemotretan sunset yang baik.
Pulau Batu Berlayar, Wisata Belitung
Tempat Wisata BelitungDi tempat wisata Belitung ini hanya ada pasir dan batu granit yang menjulang seperti layar kapal. Di sekitar pulau juga terdapat terumbu karang yang bisa menjadi latar depan saat memotret Batu Berlayar. Saat air laut surut permukaan pasir akan menjadi lebih luas dan bentuk bebatuan granit juga terlihat lebih cantik.
Pulau Burung, Wisata Belitung
Tempat Wisata BelitungTempat wisata Belitung ini terletak di Kecamatan Sijuk, dekat dengan Pantai Tanjung Kelayang. Di sana ada bongkahan bebatuan yang bentuknya menyerupai paruh seekor burung yang sangat indah untuk dipotret saat matahari mulai turun ke barat. Untuk pergi ke tempat wisata ini pengunjung harus menyewa perahu mesin milik nelayan setempat.
Pulau Lengkuas, Wisata Belitung
Tempat Wisata BelitungTempat wisata Belitung di Kecamatan Sijuk, 30 menit dari Pantai Tanjung Kelayang dengan perahu motor. Pengunjung bisa naik ke mercu suar setinggi 50 m, dengan 299 anak tangga, yang dibangun tahun 1882 oleh Belanda, serta snorkling, berenang atau memancing.
Pulau Pasir, Wisata Belitung
Tempat Wisata BelitungDi tempat wisata Belitung ini pengunjung bisa melihat bintang laut besar berwarna merah. Pulau ini hanya terdiri atas hamparan pasir dan muncul hanya saat air luat sedang surut. Pulau Pasir dikelilingi oleh Pulau Kelayang, Pulau Pegadoran, Pulau Batu Berlayar dan Pulau Babi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar