Jumat, 30 September 2011

Agar Anak Tetap Terhibur dalam Perjalanan

MENJAGA agar anak Anda tidak rewel selama perjalanan akan memberikan kedamaian dan kenyamanan bagi Anda dan juga penumpang lainnya. Kuncinya adalah dengan cara menyibukkan mereka dengan hal yang mereka sukai seperti mainan.

Selain akan menghibur, mainan juga akan membuat perhatian anak Anda terfokus. Namun harus diingat bahwa, masing-masing anak memiliki kebutuhan mainan yang tidak sama. Berikut tips singkat untuk menentukan jenis mainan bagi anak Anda:

Bayi

Untuk bayi, hiburlah mereka dengan jenis mainan yang berkilau, penuh warna dan menghasilkan suara yang bagus. Misalnya seperti kerincingan atau kotak musik. Ini akan menjaganya dari kejenuhan ketika sedang berjalan-jalan.

Balita 

Jika Anda bertamasya dengan balita, pilihan mainan untuk mengalihkan perhatian mereka adalah benda-benda yang bisa mereka genggam, remas atau benda yang bisa dipisahkan dan di gerakkan. Misalnya jenis mainan berbentuk binatang atau boneka dan mainan seperti pesawat-pesawatan.

TK

Anak-anak pre-school dapat memfokuskan diri mereka dangan jenis mainan yang bisa melibatkan daya pikir mereka. Sibukkan mereka dengan kegiatan seperti mewarnai buku dengan crayon, menggambar atau menempelkan stiker pada buku bergambar.

Anak yang lebih tua

Mereka lebih mudah untuk diatur karena mereka sudah bisa membuat diri mereka sibuk dengan dirinya sendiri. Berilah mereka buku cerita atau komik. Untuk permainan diantaranya monopoli, ular tangga, lego, puzzle dan kartu. Yang paling ampuh adalah GameBoy atau jenis permainan elektronik lainnya. Benda tersebut bisa menjaga mereka selalu terhibur untuk waktu berjam-jam.

Berpergian dengan anak-anak memang akan sangat merepotkan bagi orang tua. Untuk itu usahakan agar mereka tetap terhibur untuk mengurangi beban anda selama perjalanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar