Jumat, 30 September 2011

Kiat Menjaga Kebersihan saat Plesiran

SAAT sedang berpergian tak ada salahnya untuk selalu menjaga kesehatan Anda agar terhindar dari ancaman penyakit. Kemanapun dan seberapa jauh perjalanan Anda.

Berikut beberapa tips ringan agar kesehatan Anda tetap terjaga:

Kebersihan tas

Kepak barang-barang bawaan Anda di dalam tas yang bersih dan higienis. Jangan tinggalkan tas di tempat kotor atau lembab. Selalu taruh di tempat yang kering dan bersih. Jika tas Anda kotor tak menutup kemungkinan akan meresap ke bagian dalam.

Penggunaan kamar mandi

Saat menggunalan kamar mandi umum sebaiknya Anda berhati-hati karena tempat ini banyak terdapat virus. Usahakan cari kamar kecil yang kebersihannya terjaga. Seandainya mendapati kamar mandi yang tak terlalu bersih, gunakan tisu untuk membalut tangan Anda ketika hendak men-flush air. Kemudian basuhlah tangan Anda

Cuci tangan

Cucilah tangan dengan sabun dan pembersih tangan kapanpun setelah tangan memegang sesuatu. Jangan pernah mengusap muka, mata dan hidung dengan tangan kotor. Keringkan tangan terlebih dahulu setelah mencucinya untuk mencegah infeksi dari sesuatu yang menjijikan

Kebiasaan makan 

Minumlah banyak air untuk menghindari dehidrasi. Hindari kopi dan alkohol. Bawalah jenis makanan yang mudah dicerna, makanan ringan rendah kalori, dan buah dalam tas anda. Waspada dengan makanan yang anda beli dari toko, terutama jika anda mengidap alergi.

Obat-obatan 

Selalu bawa kotak P3K anda. Bawalah band aids, obat salep, dan obat-obatan untuk jenis penyakit seperti masuk angin, demam dan batuk. Jika anda menngidap penyakit tertentu, berkonsultasilah dengan dokter sebelum pergi. Bawa tablet multivitamin untuk menambah nutrisi dan protein.

Hindari orang sakit

Berhati-hatilah terhadap orang yang batuk atau bersin secara terus menerus di sekitar Anda. Jauhkan diri Anda dari mereka. Tutupi hidung dan mulut saat di keramaian.

Penginapan 

Pastikan ruangan tempat menginap terjaga kerapian dan kebersihannya dan memiliki selimut bersih. Gunakan salep anti nyamuk sebagai pencegahan malaria dan demam berdarah. Persiapkan pilihan alternatif sekiranya penginapan yang Anda datangi ternyata kotor dan penuh dengan debu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar