Jumat, 30 September 2011

Menelusuri Jejak Bangunan-bangunan Bersejarah di Belitung


Sekedar flash back ke masa lampau, dimana Pulau Belitung pernah dikenal di seluruh dunia dengan kekayaan kandungan timahnya. Foto2 yg aku tampilkan disini adalah hasil penelusuran di dunia maya, karena tidak banyak arsip2 daerah yg memiliki foto2 seperti ini. Bahkan mungkin mereka atau beberapa orang tertentu ada yg memiliki foto2 tersebut, hanya saja belum mereka publikasikan. Masih banyak lagi foto2 yg berhubungan dg P. Belitung yg masih aku telusuri. Agak sedikit sulit memang karena sebagian besar dari foto2 tersebut masih tersimpan rapi di berbagai musium di Belanda dan beberapa tempat lainnya. Tentu saja tidak mudah untuk meng-akses langsung ke tempat arsip2 tsb disimpan, ada beberapa ketentuan yg harus kita penuhi. Tetapi setidaknya dari foto2 yg ada sekarang ini , kita bisa sedikit berbagi cerita dan tentunya...semoga bermanfaat bagi kita semua...
I. Tanjung Pandan :

1. Jam Gede 
Bangunan eks Kantor yg didirikan perusahaan Hindia Belanda, Billiton Maatschappij ini sekarang dijadikan gedung swalayan yg dikelola oleh BHARATA Dept Store. Menurut keterangan, jam besar/jam gede yg menghiasi menara bangunan utama gedung sekarang ini bukanlah yg asli seperti pada saat gedung tsb dibangun. 


Jam yg asli didatangkan langsung dari Amsterdam-Belanda, bandulnya terbuat dari bahan kuningan dgn angka2-nya merupakan angka romawi kuno. 
Di halaman depan gedung tersebut dulunya berdiri sebuah tugu yg dibuat pada tanggal 28 Juni 1928 untuk mengenang aktivitas penambang timah Hindia Belanda di P. Belitung. Tugu tersebut sekarang telah  dipindah ke halaman depan Museum Daerah di Tanjung Pendam.
2. Eks Rumah Dinas Assistent Hoofdadministrateur Billiton Maatschappij




 Bangunan kuno ini berada di kawasan Tanjung Pendam. Dizaman kejayaan PT Timah, bangunan ini dijadikan rumah dinas untuk Kepala UPT Belitung. Sekarang bangunan tersebut dikelola oleh Pemprov BABEL sebagai mess dg nama Bougenville.



3. Eks Rumah Tuan Kongsi (vertegenwoordiger)





 Bangunan yg eks kediaman Tuan kongsi ini dibangun pd tahun 1906, sekarang tinggal sisa2 reruntuhannya saja yg ada. Pada waktu itu bangunan tersebut didirikan di atas bukit Gunung Pandan, disebelah barat lapangan tennis Tanjung Pendam yg masih termasuk wilayah Museum Daerah di Tanjung Pendam.

Lanjutannya setelah pulang skola yah ............



Tidak ada komentar:

Posting Komentar